Monday, November 30, 2009

Hantam iPhone dengan N900 dan Bada

 
Apple vs Nokia vs Samsung vs Sony Ericsson
HELSINKI - Nokia dan Samsung baru saja meluncurkan ponsel pintar terbarunya, untuk menyaingi Apple yang mulai mendapatkan pamor sejak kemunculan iPhone.

Nokia, dikutip melalui Yahoo Tech, Rabu (11/11/2009), saat ini bergantung pada ponsel pintar seri N900, sedangkan Samsung hanya menggelontorkan platform ponsel berbasis open source dengan nama Bada yang dapat digunakan oleh seluruh pemain di pasar ponsel pintar.

N900 merupakan ponsel Nokia pertama yang berbasis Linux Maemo, sebuah sistem operasi yang dipercaya Nokia memiliki kekuatan teknologi melebihi Apple dan Blackberry. Sedangkan Bada merupakan sistem operasi terbaru buatan Samsung sendiri yang juga dipercaya mampu menandingi kemampuan OS iPhone dan Blackberry.

Kedua perusahaan, jika digabungkan, telah berhasil menguasai sekira 60 persen pangsa pasar. Namun di ranah ponsel pintar, keduanya telah kalah dengan pamor Apple dan RIM, produsen Blackberry. Namun meski Nokia telah mulai kehilangan pamor di pasar ponsel pintar, untuk urusan jumlah unit yang tersebar, Nokia masih menjadi ponsel nomor satu. Sedangkan Samsung masih berada di belakang Apple, RIM dan HTC.

Sayangnya tidak demikian untuk urusan profit. Pada kuartal ketiga tahun ini Nokia telah kehilangan sekian persen profitnya, sedangkan Apple justru meningkat. iPhone mampu memberikan kontribusi dalam keuntungan Apple sebesar USd1,6 miliar sedangkan Nokia hanya mampu mencapai USd1,1 miliar.

Apple sendiri telah berhasil menjual sekira 7,4 juta unit iPhone sepanjang Juli-September dengan hasil sekira USD4,5 miliar. Sedangkan Nokia menjual sekira 108,5 juta pada kuartal yang sama dengan hasil USD10,36 miliar.

Secara keseluruhan, pasar ponsel diperkirakan akan meningkat sekira 3 persen dalam kuartal terakhir ini. (srn)

sumber: http://techno.okezone.com

0 komentar:


Blogger Layouts by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by ArchitecturesDesign.Com Beautiful Architecture Homes