Friday, December 11, 2009

REPARASI KONEKTOR POWER



Mengatasi Kerusakan Akibat Terjatuh

Power connector notebook yang rusak karena benturan dapat diperbaiki agar dapat kembali berfungsi.

  • Software crash tentu mengganggu Anda. Namun, akan lebih mengganggu lagi bila hardware Anda yang crash. Setiap pengguna bisa saja tertimpa "musibah" saat notebooknya jatuh dari meja. Akibatnya, steker (konektor) dan port-nya rusak karena menghantam lantai. Meskipun notebook baik-baik saja, baterainya langsung habis karena terputusnya pasokan daya. Membeli notebook baru atau mereparasinya di service center bukanlah solusi terbaik. CHIP merekomendasikan dua alternatif solusi bagi Anda. Cukup dengan sedikit utak-atik dan keterampilan menyolder, notebook bisa berfungsi kembali seperti sedia kala.

Varian 1: Melepas sekrup dan menyolder

Yang Anda butuhkan di sini antara lain sebuah solder, obeng, steker cinch (RCA jack) berikut port, seutas kabel listrik, dan sedikit keterampilan. Sediakan juga sebuah pengukur arus (multimeter) agar penyolderan kabel ke power adapter dan notebook dapat dilakukan dengan benar.

Varian 2: Mengonversi ke PC virtual

Apabila Anda tidak mahir menggunakan solder, tetapi ingin cepat melanjutkan pekerjaan pada notebook, transferlah sistem operasi dengan software yang tepat ke lingkungan virtual (lihat panduan). Anda hanya perlu mengeluarkan hard disk dari notebook dan menghubungkannya ke PC melalui sebuah USB hard disk enclosure eksternal. Sediakan area hard disk di PC Anda dengan kapasitas minimal dua kali lebih besar daripada kapasitas yang terpakai pada hard disk notebook.

Varian 1: Melepas sekrup dan menyolder
1.Memeriksa Posisi Kutub dalam Steker


Image
 
Tes arus – Lepaskan steker yang rusak dan periksa dengan multimeter untuk mengetahui koneksi yang tepat antara kabel dan bagian steker. Perhatikan saat penyolderan agar kutub positif berada di bagian dalam sehingga Anda tidak terkena sengatan listrik saat menyentuh steker.

2.Menyolder Steker

Image
 
Siap menyolder! – Buka notebook Anda dan singkirkan sisa bagian yang rusak. Solder seutas kabel listrik sesuai kutub tersebut pada steker cinch (RCA jack) maupun port. Steker pada bagian kabel yang berada di luar notebook, lalu port pada power supply. Ini dilakukan untuk menjamin tidak ada bagian berarus yang terbuka.

3.Mencegah Kabel Tertarik

Image
 
Simpul pengaman – Setelah semua bagian telah Anda ­solder, tahapan tersulit telah Anda lalui. Karena sebagian kabel dengan steker berada di luar notebook, buatlah sebuah simpul di bagian dalam casing agar solderan tidak terlepas ketika kabel tertarik. Selanjutnya, notebook dapat ditutup kembali.

4.Menutup Solderan pada Power Supply Unit (PSU)

Image
 
penutup kabel – Agar solderan terbuka pada power supply dan kabel tidak tampak (terbuka), bungkus  dengan plester plastik khusus yang menyusut saat terkena panas. Panaskan dengan korek api atau cigarette lighter. Apabila saat jatuh tidak ada bagian lain yang rusak, notebook Anda sudah sepenuhnya siap bekerja kembali.

0 komentar:


Blogger Layouts by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by ArchitecturesDesign.Com Beautiful Architecture Homes